Senin, 16 Juli 2018

Belajar Teori Atom Serta Kelebihan dan Kekurangannya


Halo kalian pelajar - pelajar sekalian, pada post kali ini kita akan belajar apa saja teori atom yang sudah ada sampai sekarang, untuk materi kali ini memang butuh pemahaman dan hafalan gais jadi dibutuhkan kesabaran buat mengerti sama materi ini. Biasanya saat masa saya sekolah ini diajarkan saat kelas 10 semester awal, pokonya materi dasar banget deh jadi harus bisa. Jadi sebelom mengerti teori atom kita harus tau apa sebenarnya atom itu. 

"Atom adalah suatu satuan dasar materi yang terbagi lagi menjadi inti yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif yang mengelilingi inti"

Sebenarnya masih banyak artian atau pengertian dari atom itu sendiri tapi simple nya seperti pengertian di atas ya. Nah langsung aja kita mulai dengan teori atom yang ada sejak dulu sampai sekarang nih. Kita akan membahas teori atom :
  • Teori Atom Dalton
  • Teori Atom Thomson
  • Teori Atom Rutherford
  • Teori Atom Niels Bohr
  • Teori Atom Mekanika Kuantum

Teori Atom Dalton


Penjelasan Teori Atom Dalton

Jadi menurut Dalton, dia berpendapat bahwa atom merupakan bagian terkecil dari suatu materi yang tidak bisa dibagi lagi. Padahal enggak ya gais, atom ternyata masi bisa dibagi lagi menjadi inti dan elektron.

Kelebihan Teori Atom Dalton :
  1. Dapat menerangkan Hukum Kekekalan Massa ( Lavoiser )
  2. Dapat menerangkan Hukum Perbandingan Tetap ( Proust )
Kekurangan Teori Atom Dalton :
  1. Tidak dapat menjelaskan sifat listrik materi ( positif / negatif )
  2. Tidak dapat menjelaskan cara atom - atom saling berpasangan.
  3. Tidak dapat menjelaskan perbedaan antara atom unsur yang satu dengan unsur lainnya.

Teori Atom Thomson

Penjelasan Teori Atom Thomson


Menurut si Thomson ini gais, dia berpendapat bahwa atom merupakan bola pejal yang memiliki muatan positif yang menyebar merata pada atom dan di netralkan oleh muatan negatif. Jadi bisa dilihat di gambarnya gais yang warna orange itu muatan positifnya lalu yang hijau muatan negatifnya atau kita kenal dengan nama elektron. Tambahan lagi gais buat kalian teori atom ini sering dikenal dengan nama roti kismis.

Kelebihan Teori Atom Thomson :
  1. Dapat membuktikan bahwa Teori Atom Dalton salah gais karena si Thomson ini bisa membuktikan bahwa adanya materi negatif / elektron yang ada di atom.
Kekurangan Teori Atom Thomson :
  1. Memang sih si Thomson ini berhasil mematahkan Teori Atom Dalton dengan mencetuskan bahwa adanya elektron di atom, TETAPI Thomson belom bisa menjelaskan susunan dari materi positif dan negatif pada atom.

Teori Atom Rutherford

Penjelasan teori atom Rutherford
Dari hasil percobaan si Rutherford ini gais dia melakukan beberapa hal sebagai berikut :
Ia bekerja sama dengan Ernest Marsden mempelajari struktur dalam sebuah atom. Mereka bereksperimen dengan menembakan sinar alfa dengan lempeng emas tipis dengan ketebalan 0,00004 cm. Akhirnya Rutherford membuat kesimpulan bahwa di dalam atom terdapat muatan ini ( positif ) yang dikelilingi muatan negatif ( elektron ) pada suatu lintasan tertentu, bisa dilihat di gambar gais maksudnya seperti apa.

Kelebihan Teori Atom Rutherford :
  1. Dapat menjelaskan bahwa atom tersusun dari inti dan elektron yang menglilingi inti, which yang si Thomson ga bisa jelasin.
Kekurangan Teori Atom Rutherford :
  1. Kekurangan si Rutherford ini adalah ia tidak bisa menjelaskan kenapa elektron tidak jatuh ke inti, anggapannya seperti magnet gais ada kutub yang + ada kutub - , misalnya magnet tersebut dipersatukan atau didekatkan pasti akan menempel, nah dari sini Rutherford gabisa jelasin mengapa.

Teori Atom Niels Bohr

Penjelasan teori atom Bohr
Menurut Bohr atom adalah inti yang bermuatan positif yang dikelilingi elektron bermuatan negatif yang hanya melintasi lintasan - lintasan tertentu. Pada lintasan tersebut elektron tidak menyerap atau memancarkan radiasi atau biasanya kita sebut dengan energi.

Kelebihan teori atom Niels Bohr :
  1. Bohr dapat meramalkan garis - garis dalam spektrum atom Hidrogen.
  2. Jika atom - atom dieksitasi diletakan pada medan magnet, maka akan timbil garis - garis halus.
Kekurangan teori atom Niels Bohr :
  1. Bohr hanya mampu menjelaskan spektrum pada atom Hidrogen, dia tidak bisa menjelaskan spektrum pada atom yang lebih besar.
  2. Kulit elektron yang mengelilingi inti berbentuk elpis seperti lintasan planet.
  3. Bohr berpendapat bahwa elektron hanya sebagai partikel bukan sebagai partikel dan gelombang.
Teori Atom Mekanika Kuantum

Penjelasan teori atom mekanika kuantum

Menurut mekanika kuantum elektron itu bersifat dualisme, yang bearti bersifat gelombang dan partikel, elektron bergerak seperti gelombang. Kedudukan elektron di sekitar ini tidak dapat ditentukan secara pasti, intinya ga nentu gitu gais posisinya. Posisi elektron adalah peluang di mana suatu elektron menemukan titik di dalam ruang sekitar inti. Inti dari teori ini adalah ketidakpastian posisi elektron gais karena menurut Heisenberg tidak mungkin menentukan kecepatan dan letak posisi elektron secara bersamaan, tetapi yang bisat ditentukan hanyalah kebolehjadian menemukan elektron pada jarak tertentu dari inti.

Untuk kelebihannya pasti sudah tau ya gais, teori ini belum bisa ada yang patahkan yang bearti untuk sekarang sudah perfect dan untuk kesalahan / kekurangannya ya belum ditentukan karena belom ada yang bisa mematahkan teori ini gais. Dalam teori atom mekanika kuantum ini akan belajar yang namanya bilangan kuantum dan bentuk orbital. Untuk mempelajari bilangan kuantum dan bentuk orbital bisa klik disini.

Sekian dari Belajar Teori Atom Serta Kelebihan dan Kekurangannya, semoga dengan adanya post ini dapat membantu adik - adik yang sedang galau kebingungan ya dengan materi ini jangan lupa di share ke temen juga supaya temen lu ga galau juga.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Admin, Published at Juli 16, 2018 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar